7 Tradisi Mudik dan Tips Mempersiapkannya


tradisi mudik


Pulang kampung bagi pemudik memang sudah seperti moment yang terjadi secara berkala dan teratur yakni mendekati lebaran. Jadinya saat raya tiba, telah ada di kota asal ataupun di rumah orangtua. Dalam tradisi mudik ini terdapat hal-hal yang identik dan masing-masing dapat dipersiapkan dengan baik. Persiapan menyongsong masa mudik untuk berjalan dengan maksimal tanpa harus ribet.

Dalam acara tradisi mudik yang tampak seperti tradisi wajib khususnya anak rantau untuk kembali ke rumah. Pulang kampung di minggu terakhir selama ramadhan seringkali identik dengan hal-hal berikut yang begitu serupa dengan tradisi di hari raya, yang selalu demikian di secara berkala yakni di setahun sekali. Sekalipun tak setiap perantau kembali pulang di setahun sekali ada yang dua tahun sekali maupun lebih.

Mudik dengan transportasi pribadi

Tradisi mudik memang dapat diakses dengan kendaraan pribadi entah itu via roda dua maupun motor. Menyongsong persiapan mudik dengan transportasi tersebut, terdapat beberapa tipsnya yakni:

Persiapkan kendaraan dalam keadaan prima.
Atur barang bawaan terkemas dengan rapi dan kokoh. Bila perlu gunakan tas ransel agar lebih ringkas.
Hindari barang bawaan terlalu banyak, khususnya dengan motor karena akan beresiko.
Sediakan menu makan maupun minum yang siap konsumsi selama perjalanan nanti.
Atur waktu istirahat dan tidak memaksakan kehendak untuk tetap melaju.
Sediakan perlengkapan obat-obatan untuk sekedar berjaga-jaga.

Mudik dengan transportasi umum

Tak kalah pula adanya moment pulang kampung atau tradisi mudik yang dijangkau dengan kendaraan umum seperti Kereta Api, Bus, Kapal laut dan Pesawat. Tiap-tiap transportasi tersebut mempunyai jadwal keberangkatan sekaligus alur yang berbeda-beda. Tak hanya menyesuaikan jadwal, melainkan juga dengan serangkaian persiapan seperti berikut:

Tentukan jenis transportasi yang akan digunakan, pastikan paling menunjang sesuai dengan kebutuhan sekaligus pembiayaan.
Persiapkan tiket jauh-jauh hari, bisa satu bulan ataupun satu minggu sebelum puasa agar tidak kehabisan tiket. Pastikan pula untuk membeli sesuai jumlah anggota yang akan pulang kampung, bukan mencicil satu-satu.
Pilih persiapan packing yang aman dan memadai. Dari keperluan yang secukupnya hingga tas packing.
Bawa menu siap kostum, begitu pula dengan obat-obatan untuk sekedar berjaga-jaga.
Koordinasi pihak keluarga yang akan dijemput di hari dan jam yang telah ditentukan agar tak perlu menunggu lama.

Menyongsong keperluan pulang kampung memang harus di jauh-jauh hari agar saat mendekati hari itu tiba tidak kelabakan. Tak hanya harga yang mahal tetapi juga stock yang mulai kehabisan, seperti tiket, persediaan bahan bakar kendaraan dan lainnya. Perlu adanya persiapan untuk tradisi mudik yang lebih lancar sejak sekarang. Sekalipun masih lama, persiapannya itulah yang seharusnya dikoordinir dengan baik agar lebih menghindarkan hal-hal yang tak diinginkan.

Share on Google Plus

About Wardono Susanto

24Berita.Com - Berita Terakurat dan Terupdate dalam INDONESIA
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Posting Komentar