5 Tips untuk Sukses Menembus Pendaftaran Jalur Mandiri dan Ujiannya

pendaftaran jalur mandiri


Ada banyak upaya yang bisa ditempuh untuk bisa masuk ke Universitas Negeri favorit, salah satunya adalah melalui pendaftaran jalur mandiri. Setiap PTN atau Perguruan Tinggi Negeri membuka tiga gelombang untuk penerimaan mahasiswa baru. Pertama adalah lewat jalur seleksi nasional atau SNMPTN, kemudian disusul seleksi mandiri bersama atau SBMPTN. Setelahnya kesempatan untuk masuk PTN belum tertutup, sebab masih ada jalur mandiri yang menjadi kesempatan terakhir.

Sukses Masuk PTN Melewati Jalur Mandiri

Kebanyakan orang beranggapan bahwa dengan memilih jalur mandiri maka biaya yang dikeluarkan akan semakin besar. Padahal tidak selalu demikian, intinya Kita perlu selektif memilih universitas negeri supaya mendapatkan biaya yang sama dengan jalur lainnya. Persaingan masuk ke PTN per tahunya memang sangat ketat sehingga jalur mandiri ini menjadi kesempatan yang ditunggu apabila di jalur sebelumnya tidak memiliki harapan. Maka, usahakan yang terbaik pada saat ujian jalur mandiri ini.

Sebagai jalan dan kesempatan terakhir memasuki PTN yang diinginkan usahakan tidak menyia-nyiakannya, berikut kiat sukses melewati tahapan ini:

1.       Tepat dalam memilih universitas dan jurusan,
Setiap universitas negeri menyediakan bidang pendidikan berbeda dan beberapa ditujukan untuk bidang tertentu secara khusus. Misalnya, UNNES di Semarang yang secara khusus nantinya akan mencetak generasi pengajar. Usahakan memilih universitas dan jurusan yang dirasa ideal sesuai dengan minat dan kemampuan sebab memperbesar peluang untuk lolos seleksi.

2.       Lebih sering latihan soal,
Menjelang pendaftaran jalur mandiri ataupun ujian seleksinya maka semua calon mahasiswa akan super sibuk dan super depresi. Masa depan memang akan ditentukan pada seleksi tahap ini sehingga banyak yang melakukan persiapan jauh-jauh hari. Persiapan yang tidak kalah penting untuk dilakukan adalah sering latihan soal. Kini ada banyak buku yang berisi kumpulan soal ujian masuk ke PTN yang bisa dibeli, dipelajari, dan dijadikan bahan latihan sehingga lebih mahir dalam mengerjakan soal.

3.       Melakukan beberapa persiapan umum,
Sebelum hari ujian berlangsung Kita perlu mempersiapkan beberapa hal, pertama adalah menyiapkan perlengkapan ujian. Seperti pensil 2B karena hasil ujian biasanya diperiksa dengan komputer, papan jalan, pulpen, dan lain sebagainya. Kedua, mengetahui lokasi atau ruang ujian supaya tidak tersesat dan terlambat saat hari H dan sebaiknya memeriksa denah lokasi beberapa hari sebelumnya. Ketiga, menghitung perjalanan antara tempat tinggal dan lokasi ujian sehingga waktu keberangkatan tepat untuk mencegah terlambat.

4.       Mengerjakan soal yang dianggap mudah,
Akan ada banyak soal yang dikerjakan, biasanya ujian mandiri ini dilakukan sebanyak tiga kali dengan bidang ilmu berbeda per harinya. Setiap materi ujian didapatkan biasanya ada puluhan bahkan ratusan soal padahal diburu oleh waktu. Supaya memperbesar kemungkinan untuk lolos lebih bijak mengerjakan soal yang dianggap mudah, abaikan dulu soal sulit. Sebab semakin banyak jawaban yang benar dan semakin banyak yang terjawab memberikan point tersendiri.

5.       Jangan lupa meminta doa restu dari orangtua,

Doa orangtua sangat penting untuk mendapatkan kemudahan dalam mengerjakan dan melewati setiap hambatan yang ditemui menjelang dan pada saat ujian mandiri berlangsung. Jangan lupa untuk meminta doa restu sebab adanya doa restu akan meringankan beban sekaligus meningkatkan rasa percaya diri. Dukungan dari orangtua maupun orang terdekat akan sangat mempengaruhi kepercayaan diri dalam belajar sekaligus mengerjakan soal. Sehingga sebelum melakukan pendaftaran jalur mandiri pastikan berkonsultasi dengan orangtua dan orang terdekat. 
Share on Google Plus

About Wardono Susanto

24Berita.Com - Berita Terakurat dan Terupdate dalam INDONESIA
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Posting Komentar